Emosi negatif perlu segera dituntaskan agar death circle tak perlu ada.
Mamak
Assalamu’alaikum buibuuuu… Gimana kabarnya ini? Sudah tahun ajaran baru. Ada yang anaknya masuk jenjang sekolah baru? Cung!
Toss dulu lah 🙌
Anak kedua mamak -kaka Zaada- juga masuk kelas 1 SD. Yang tadinya anak TK kini jadi anak seragam merah putih. Sekarang makin seru dong ya. Malam-malam ceriwis ngingetin duo boys buat nyiapin perlengkapan sekolah, nyuruh bobok gasik biar bisa bangun gasik subuhan. Trus paginya musti nyiapin bekel buat duo boys dan bigboss juga. Rempong-rempong asyik lah ya. Semoga jadi catatan amal kebaikan buat kita para emak-emak ya. Aamiin

Ini ni kaka Zaada yang udah jadi anak SD 🥰
Mmm…dulu itu trio mamak ini gampang banget batuk pilek panas. Jadi sering ngapelin dokter anak di Rumah Sakit. Kadang bawa satu anak, kadang dua. Bahkan pernah bawa tiga sekaligus! Mana waktu itu si ayah lagi keluar kota. Subhanallah. Sedih hati mamak, Nak.
Punya anak rendel ya begini ini. Satu bapil panas trus estafet ke anak yang lain. Kadang juga malah ke kita orang tuanya. Beuh kalau mamak yang sakit pan berabe ye! Bisa jungkir balik dunia persilatan.
Belum lagi bigboss kadang suka sambat capek, pusing dan lain-lain. Wong sakjane mamak ya pengen sambat begitu kok, Pak Pak.
Teruuusss, di sebuah grup whatsapp ada buibu yang ngomongin soal Young Living Essential Oils. Nah apaan tuh? Mamak taunya ya minyak goreng sama minyak telon doang, yang lain kagak tau. Pada cerita lah itu buibu kece tentang manfaat essential oils yang katanya bisa mengantisipasi biar anak ngga gampang bapil panas. Trus ada juga yang namanya stress away. Bikin stress ilang dah. Dan manfaat lainnya juga. Kebetulan yang mamak inget ya yang ntu tu. Hehehe.
Otomatis mamak tertarik kan? Secara itu adalah sambatan yang sering terjadi pada anak dan sigaraning nyowo.
Eh makin ke sini makin tertarik buat gabung member beli PSK karena buibu kece ini pake sistem arisan. Aih mamak-mamak kok denger arisan, ya pasti melek lah ini. Bisa aman keuangan negara kan?
Eits itu kok ada PSK apaan tuh?
Sabar buk sabar. Jangan negatif thinking dulu ya. PSK itu singkatan dari Premium Starter Kit. Jadi dengan membeli PSK Young Living kita akan langsung terdaftar sebagai member Young Living. Harganya lumayan bu. Tapi itu jadi lumayan murah daripada beli satuan. Apalagi kalau join member dapat bonus juga. Seru kan?

Ini isinya PSK buibu.
Favoroils Goes to Surabaya

Bulan Juni kemarin resmi lah mamak terdaftar sebagai member Young Living. Rasanya tak sabar menunggu PSK dateng. Pengen ngerasain gimana sih aromanya pas di diffuse?
Alhamdulillah akhir Juni paketan PSK dateng. Yeeaayyy. Etapi etapi ini mamak masih blank banget gimana penggunaannya. Mamak intip-intip resep di instagram aja jadinya. Ya awal-awal coba diffuse resep buat tidur nyenyak pakai lavender dan copaiba. Aromanya haruuummm. Jadi rileks. Dan alhamdulillah tidur lebih pules dari sebelumnya. Ya walaupun terbangun juga karena masih punya bayi 19 bulan tapi ini beneran lebih baik dari sebelumnya. Ma syaa Allah.
Terus, suatu hari ada email tuh dari mamikos -Anita Hartono- Crown Diamond Leader Indonesia yang pertama. Isi dari email itu pemberitahuan bahwa akan ada acara Young Living di Surabaya tanggal 27-28 Juli 2019. Nah sebagai pendatang baru mamak pun memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dong. Biar tahu lebih dalam lagi soal Young Living Essential Oils.
Pada saat hari H, tanggal 27 Juli 2019, dengan pedenya mamak datang ke Quest Hotel tempat acara ini berlangsung. Padahal waktu itu ga ada yang dikenal sama sekali. Tolah toleh wkwkwwk…
Acara pun akhirnya dimulai. Mamikos mengawalinya dengan gerak badan dulu biar semangat. Yang paling semangat dapat hadiah peppermint oil 😍😍
Mamikos menjelaskan bahwa segala permasalahan itu awalnya dari stress kemudian muncul inflammation lalu disease dan pain. Digambarkan dalam foto berikut.

Stress itu awal mulanya. Entah karena pikiran atau emosi negatif yang terus ditumpuk-tumpuk sehingga akhirnya diri kita ini stress. Akibat dari stress itu muncullah inflammation atau peradangan. Ada yang biasanya pusing, migrain, asam lambung naik. Macam-macam lah efek dari stress itu. Kalau mamak biasanya sariawan. Kalau si bapak stress doyan makan, mamak mana bisa begitu. Lha perih je kena sariawan.
Setelah muncul peradangan lalu munculah disease atau penyakit. Mungkin penyakit ini awal-awalnya dianggap biasa saja. Ora diroso kalau orang Jawa bilang. Ternyata ketika diabaikan begitu saja akan muncul pain atau rasa sakit. Nah setelah muncul pain itu barulah kita ini gedandapan. Lho tiba-tiba divonis kanker, divonis darah tinggi, kolesterol dan lain-lain.
Eh setelah tahu pain itu, kanker dan lain-lain, ternyata kita stress lagi. Stress memikirkan gimana ini obatnya? Harus mulai dari mana pengobatannya? Obat yang ampuh apa ya? Dan sederet pertanyaan lain yang sangat mungkin memicu stress lagi. Maka dari itu ia disebut sebagai death circle. Lingkaran kematian.
Nah saat ada rasa sakit yang ada pada diri kita, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari sumbernya. Dan ternyata salah satu sumber pastinya adalah stress. Setelah tahu sumbernya kita cari solusinya. Untuk kemudian kita release. Yang awal mulanya dari emosi negatif maka itu harus di release ya, bu. Emosi negatif harus dikeluarkan untuk digantikan dengan emosi positif agar hidup lebih bermakna dan bahagia tentunya. Karena hal ini yang bisa kita kontrol agar tidak terus dalam death circle tadi.
Maka dari itu Young Living Essential Oils ini bukan sekedar essential oils untuk keperluan fisik tubuh kita aja tapi juga sampai menyentuh ke ranah emosi. Merilekskan tubuh sehingga emosi negatif bisa keluar membuat hidup lebih sehat secara fisik dan batin. Tapi Young Living Essential Oil bukan obat ya. Sejatinya sehat itu datangnya dari Allah. Dan salah satu ikhtiarnya bisa melalui Young Living Essential Oils ini.
Zyto Scan
Zyto Scan adalah sebuah alat identifikasi untuk mengetahui keseimbangan tubuh yang akurat dan dinamis. Alatnya terdiri dari hand cradle -tempat kita meletakkan telapak tangan kita- dan juga aplikasi yang ada pada layar laptop.

Ini zyto hand cradle. Gambar dari instagram.com/zytotech

Ada zyto balance, zyto food, dan zyto advance.
1. Zyto balance
Pada zyto balance akan ada 171 titik pada laki-laki dan 172 titik pendeteksian pada perempuan. Dari titik-titik itu nantinya akan muncul titik-titik mana yang sudah balance (ditandai dengan warna hijau) dan mana yang tidak balance (ditandai dengan warna merah).
Selanjutnya dari zyto akan merekomendasikan oil-oil apa yang cocok untuk dia.
2. Zyto food
Seperti zyto balance tapi lebih spesifik ke jenis makanannya. Semisal ada alergi makanan atau minuman tertentu. Maka zyto food akan merekomendasikan jenis makanan apa saja, detil bahannya disebutkan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Lalu semisal ada pantangan dari faktor pestisida misalnya, maka akan disebutkan juga jenis pestisida apa yang harus dihindari.
3. Zyto advance.
Dalam zyto advance ada penilaian seperti zyto balance namun lebih detil lagi.
Emotional Wellness
Sesi emotional wellness ini dibawakan oleh Pak Hengky Sukardi. Beliau praktisi Raindrop Technique yang sudah mendapatkan sertifikat CARE.
Sesi diawali dengan dimunculkan tokoh-tokoh dalam film Inside Out. Ada yang pernah nonton filmnya? Bagus ya filmnya 😍😍
Nah dalam film Inside Out kan ada lima emosi dasar yang ditampilkan dalam karakter masing-masing tokohnya ya, yaitu joy (senang), sadness (sedih), fear (takut), anger (marah), dan disgust (jijik).
Kelima emosi dasar itu memang karunia dari Allah. Tidak bisa salah satunya dihilangkan. Misal sadness-nya dihilangkan aja deh biar hidup kita tuh senang terus. Ya ngga bisa gitu bu. Semuanya ada dan perlu. Tapiiii ada tapinya bu, yang terkadang membuat hidup kita acak adul itu karena sesuatu yang berlebihan. Misal marah berlebihan, yang biasanya disebut sebagai marah-marah. Pada dasarnya marah itu perlu di saat-saat tertentu. Tapi caranya tidak dengan sembarangan (marah-marah tadi). Kalau kata emak Safithrie Soetrisno, marah tuh harus elegan. Nah ini masih PR juga buat mamak. Marahnya masih ngga elegan, masih marah-marah 😭😭😭
Astaghfirullah astaghfirullah astaghfirullah
Inhale exhale. Nyalain diffuser pake lavender. Biar lebih rileks ya.
Oke. Kembali ke bahasan emotional wellness tadi ya. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Indonesione.org ditemukan hasil bahwa emosi itu berkaitan erat dengan suatu penyakit dalam tubuh manusia. Dari bagan di bawah terlihat bahwa dari hasil riset 10% kaitannya dengan fisik, 15% dari masalah sosial, 25% dari faktor psikis, dan 50% berasal dari faktor spiritual. Nah loh ternyata penyakit itu tak melulu soal fisik ya. Kalau kita sakit terus berobat ternyata kita baru menyelesaikan yang 10% aja ya. Dan prosentase paling besar adalah dari faktor spiritual ya bu. Ma syaa Allah.

Apalagi kita yang muslim ya. Seperti apakah hubungan kita sama Allah, bagaimana mindset kita terhadap keesaan Allah (tauhid), bagaimana ibadah kita, bagaimana sikap kita terhadap segala yang Allah berikan ke kita. Sudah banyak bersyukur kah? Atau lebih banyak mengeluh? Banyak berdo’a meminta ini itu pada Allah tapi tak meminta diri untuk lebih giat lagi beribadah? Kalau do’a tak diijabah lantas protes, ya Allah kok gini sih.
Plak plak. Tabok diri sendiri. Saatnya introspeksi diri.
Jadi, kalau alarm tubuh menunjukkan ada sesuatu yang salah maka kita perlu menyelesaikannya secara keseluruhan ya. Ya dari sisi spiritual, psikis, sosial, dan fisik. Jika ada emosi negatif yang terpendam maka sebaiknya segera dikeluarkan. Dan agar hidup kita lebih bermakna maka kuncinya ada tiga, ikhlas, ikhlas, dan ikhlas.
Ikhlas menerima apa yang sudah terjadi pada diri kita. Legowo gitu, bu. Berdamai dengan diri sendiri. Lalu istighfar memohon ampun atas kesalahan yang pernah kita lakukan. Mencoba ikhlas juga memaafkan kesalahan orang lain pada kita. Kemudian berdo’a semoga Allah senantiasa menjaga kita agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama. Dan selanjutnya sibukkan dengan perbaikan diri terus-menerus. Jadi ga perlu ngasih kesempatan buat iri, dengki, julid, nyinyir dan sebagainya. Oh ya jangan lupa pula do’a,
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ
“Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”
Karena kondisi hati kita ini begitu mudah bolak-balik. Kadang lempeng tapi tak jarang juga bergejolak tak karuan. Makanya kudu minta sama Allah biar diteguhkan dalam ketaatan.
Jadi benar ya bahwa Allah itu Maha Kuasa Maha Sempurna menciptakan alam semesta sedemikian rupa sehingga semua berjalan dengan harmonis. Menciptakan manusia yang diberi akal dan tumbuhan-tumbuhan dengan karakteristik masing-masing. Nah dari karakteristik masing-masing tumbuhan inilah akhirnya tercipta Young Living essential oils.
Dalam kesempatan ini pak Hengky mempraktekkan cara emotional release. Ada tiga orang yang maju ke depan. Di awali dengan berdo’a. Lalu diolesi oil-oil pada titik-titik tertentu. Untuk peserta yang lain dihirupkan beberapa oil tapi tidak sebanyak 3 peserta yang di depan. Dan ternyata, tiba-tiba kepala mamak beraattt. Saat pak Hengky mengatakan,
“Jika melihat bayangan seseorang atau warna tertentu, coba maafkan. Maafkan. Atau maafkanlah diri sendiri.”
Tiba-tiba air mata menetes begitu aja. Dan setelah tarik nafas buang nafas. Kepala yang tadinya berat serasa plog, lega. Mamak sih ngga sampai melihat bayangan seseorang. Tapi bener kepala yang tadinya berat terus jadi enteng gitu. Memang ya, kalau kita memendam emosi negatif hanya akan membebani diri sendiri. Musti dilepaskan.
Demikianlah gaes pengalaman mamak mengikuti acara Favoroils Goes to Surabaya. Dan yakinlah apa yang mamak tuliskan dan sarankan, semisal, legowo lah bu, jangan kasih kesempatan untuk iri dengki dan sebagainya itu mudah dalam menuliskannya tapi prakteknya memang tak semudah itu. Mamak juga tahu itu. Tapiiii setidaknya dengan menuliskannya di sini bisa jadi pengingat diri mamak jika suatu saat mulai melenceng agar bisa kembali ke jalan yang benar.
Semoga apa yang mamak tuliskan ada manfaatnya yaa. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi dan dimaafkan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

















































